S A N T O L O, Indahnya hamparan samudera yang belum tereksplorasi  

Posted by puu'


Ingin merasakan damainya suasana pantai dengan suara deburan ombak, tanpa banyak orang lain yang mengganggu? Santolo jawabnya. itulah pantai yang cukup terkenal di wilayah Selatan Jawa, tepatnya di Kecamatan Pameungpeuk, Garut. Pantai Santolo sendiri terletak kurang lebih 2 Km dari Kecamatan Pameungpeuk atau 150 Km dari kota Garut.

untuk mencapai kecamata Pameungpeuk Garut, kita harus menempuh jalan yang panjang, kurang lebih 150 km dari Kota Bandung dan memerlukan sekitar 3 - 4 jam perjalanan. dari Garut kota, kita perlu melewati Gunung Gelap yg kini tak lagi gelap karena sudah dipenuhi oleh warung di pinggir jalan dan terdapat kebun teh yang membentang indah. Dibelakang Pantai Santolo terdapat tempat meluncuran roket milik pemerintah negara ( LAPAN ) yang dibatasi oleh jalan beraspal dan hutan bakau yang indah.

Eksotisnya pantai ini dapat dirasakan dengan hamparan pasir dengan pemandangan indahnya deretan pegunungan disekitar pantai. Ombak-ombak besar yang berasal dari Laut Selatan atau Samudra Hindia dan kapal – kapal nelayan menghiasi pantai dan menarik perhatian para wisatawan.

Selain dapat menikmati indahnya bibir pantai dengan pasir putih yang dilatarbelakangi pegunungan, ternyata ada satu spot yang perlu di kunjungi. Penduduk setempat berkata, “ini lah santolo sebenarnya”

Penasaran? Pastinya. Karena pada awalnya saya pun penasaran. Ternyata ada pantai yang terlihat seperti pantai milik pribadi (private beach) karena sepi pengunjung. Pantai ini merupakan pantai perawan karena belum dieksplor oleh para wisatawan. Untuk mencapai pantai ini, kita perlu naik perahu milik penduduk setempat untuk menyeberang. Biaya naik perahu sangatlah murah, hanya Rp 2.000,- dan tidak memakan waktu yang lama.

Setelah menyeberang, kita harus menyusuri jalan setapak. Di ujung jalan setapak kita akan melihat pos untuk memeriksa keadaan pasang surut air laut. Di dekat pos ada jembatan menuju pantai yang indah tersebut. Yang menandakan kita sudah sampai ialah terdapat karang yang besar di pinggir pantai. Pantai tersebut memiliki pasir yang putih. Namun berbeda dengan pasir yang dimiliki oleh Santolo di garis pantai, pasir ini berbentuk butiran dan bercampur dengan kerang – kerang. Di pantai Santolo ini, masih dapat ditemukan binatang – binatang laut seperti umang, kepiting, ikan karang, gurita kecil, dan bulu babi.

Jika anda memiliki cukup banyak waktu, cobalah untuk melakukan perjalanan menyusuri pantai Santolo menuju pantai Sayangheulang. Ada banyak pemandangan indah yang dapat dilihat sepanjang jalan. Perjalanan menuju pantai Sayangheulang memiliki dua rute yaitu rute hutan dan rute pantai. saya memilih rute pantai karena menurut penduduk setempat, rute hutan harus melalui tanah becek dan banyak nyamuk yang berterbangan.



Fenomena matahari tenggelam tentu saja bukan suatu hal yang baru untuk dinikmati, namun dapat menjadi pengalaman tersendiri apabila kita dapat menikmatinya di pinggir pantai sambil minum kelapa muda yang langsung dapat diminum dari buahnya (tanpa gelas). Buah kelapa muda sangat mudah didapat dari warung – warung dan restauran yang berada di pinggir pantai. Di restaurant – restaurant tersebut juga kita dapat menikmati berbagai jenis seafood dengan olahan khas sunda. dan FYI, menikmati sunset di pinggir pantai santolo itu KEREN BANGET!

Kebetulan yang tak disengaja, saya tinggal di Desa Mancagahar Kabupaten Pameungpeuk selama satu bulan untuk program pengabdian masyarakat. Paada malam itu sedang Bulan Purnama. jadi setelah puas menikmati sunset dan kelapa muda, saya membuat api unggun di pinggir pantai bersama teman - teman saya. :D

Berbeda dengan pantai umum lainnya, pantai Santolo belum resmi dijadikan objek wisata dengan mendapatkan pengembangan sendiri dari pemerintah setempat sehingga belum adanya permainan laut (water sport) yang bermacam-macam seperti Banana Boat, parasailing, flyingfish maupun penyewaan papan untuk para surfer. Namun tidak perlu bingung soal penginapan jika anda ingin mengunjungi Pantai Santolo karena disekitar pantai itu warga juga telah memanfaatkan wisatawan sebagai sumber perekonomian mereka dengan membuka lahan untuk penginapan. hanya saja penginapan sederhana yang akan kita temukan.

(maaf ya foto2nya banyak, saya ga tahan untuk ga mamer keindahan ke kalian, hehe)
supaya ga bosen juga bacanya..Selamat menikmati keindahannya :)


Mengenai PARIWISATA


Seperti yang telah saya kemukaan diatas, Pantai Santolo memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan tempat pariwisata. Seperti yang kita ketahui bahwa pariwisata merupakan suatu aset yang sangat menguntungkan bagi suatu daerah. Pariwisata adalah suatu industri yang tidak menimbulkan polusi namun memiliki pemasukan berupa devisa yang dapat memajukan perekonomian serta pendapatan bagi masyarakat pada suatu daerah. Pantai Santolo telah memiliki unsur pokok yang harus dimiliki oleh sebuah daerah wisata yaitu obyek wisata dan daya tarik wisata.

Laut yang indah dengan hamparan pasir yang lembut dan bersih serta angin semilir pantai yang segar tentu merupakan suatu aset tersendiri bagi daerah Pamengpeuk untuk dapat dikembangkan sehingga menjadi tempat tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Dan jika diolah dengan baik, Pantai Santolo akan menjadi aset yang sangat menguntungkan bagi Pemda dan masyarakat setempat.

Pariwisata merupakan suatu aset yang sangat menguntungkan bagi suatu daerah ataupun negara. Pariwisata adalah suatu industri yang tidak menimbulkan polusi namun memiliki pemasukan berupa devisa yang dapat memajukan perekonomian serta pendapatan bagi masyarakat pada suatu daerah. Namun sayangnya pemerintah daerah setempat belum terlalu berminat mengelolanya.

Pantai Santolo benar - benar berpotensi, hanya saja kurang eksplorasi. beberapa hal yang perlu dipertimbangkan :

  • Pantai Santolo merupakan pantai yang indah, namun hanya masyarakat setempat dan beberapa wisatawan lokal yang berkunjung kesana. Pemerintah perlu mengadakan fasilitas ataupun tindakan yang dapat mendorong peningkatan jumlah pengunjung, publikasi dan pembenahan infrastruktur objek wisata sangat perlu dilakukan. pada umumnya (dan saya pun merasa demikian) para wisatawan akan tertarik dengan suatu objek wisata jika fasisitas , keindahan, kebersihan dan kenyamanan obyek wisata. Pemerintah juga harus mampu mempublikasikan kelebihan potensi wisata yang dimiliki daerahnya. itulah beberapa hal yang menurut saya perlu adanya perhatian yang lebih dari pemerintah daerah yang sekarang pada kenyataanya sangat sedikit sekali pengunjung yang datang ke Pantai Santolo.
  • Seperti yang saya amati, pengunjung Pantai Santolo merupakan kelas menengah dan menengah kebawah. kenapa bisa demikian? Jika saya lihat (bukan sombong atau nyombong2in kampung halaman,hihi ;p) Pulau Bali yang juga memiliki daerah wisata bahari sudah dapat menggaet wisatawan dari kelas AAA+ sampai kelas bawah. Hal ini bisa kita tinjau dari poin pertama tadi mengenai infrastruktur yang kurang memadai. hendaknya hal itu bisa menjadi perhatian pemerintah setempat. Kita tahu potensi wisata yang kita miliki sebenarnya memiliki banyak sekali keistimewaan dan keunggulan. Sayang sekali jika tidak dimanfaatkan.
  • Kecamatan Pameungpeuk memiliki banyak sekali industri kecil pengolah agar - agar kertas, Nugget Ikan, Pengolahan Rumput Laut, Cinderamata, dan lain sebagainya. Apabila pemerintah dapat melihat adanya peluang dari fenomena tersebut, dimana setiap wisatawan pasti membutuhkan souvenir, cinderamata atau oleh - oleh khas daerah setempat, maka jika pemerintah setempat dapat membantu pergerakan usaha kecil menengah yang dapat menaikan roda perekonomian masyarakat dan dapat membantu tersedianya lahan pekerjaan sehingga mengurangi tingkat pengangguran.
  • Menurut Bambang Sunaryo (2000 : 27) di lihat dari makna ekonomi, pembangunan kepariwisataan lokal diharapkan mampu menggalakkan kegiatan ekonomi, termasuk kegiatan sektor-sektor lain yang terkait, sehingga lapangan kerja, pendapatan daerah, pendapatan negara serta devisa dapat ditingkatkan melalui pengembangan dan pendayagunaan berbagai potensi kepariwisataan lokal.

Bukan tidak mungkin nantinya Pantai Santolo akan menjadi daerah wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Bukan tidak mungkin pula bisa menjadi seperti Pantai pangandaran, Green Canyon, bahkan pantai - pantai di Pulau Bali. Pantai Santolo hanya memerlukan perhatian oleh pemerintah setempah sehingga dapat dikelola dengan baik agar potensi - potensi yang dimilikinya dapat tereksplorasi dan bermanfaat bagi penduduk sekitar.

Semoga dengan adanya tulisan ini, pemerintah menjadi tergugah dan mau mempromosikan potensi wilayahnya sehingga banyak investor yang menanamkan modalnya untuk membangun sebuah industri pariwisata di Garut, khususnya daerah Pameungpeuk.


This entry was posted on Thursday, August 26, 2010 at 11:08 PM . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

9 comments

makanan wajib anak KKN sekitaran pameungpeuk . . . hahahaha :D

August 30, 2010 at 8:01 PM

indah sekali pantainya :)

September 2, 2010 at 7:12 PM

masih asri banget ya ... alami ...
denuzz jadi kepengen nengok ke sana ui ...
kapan ya bisa ada waktu dan kesempatan? ...

~~~ Salam BURUNG HANTU ~~~
http://blog.beswandjarum.com/denus

September 18, 2010 at 9:00 PM

Terima kasih sudah sudi mampir dan menikmati keindahan alam di daerah kami. Eh, perkenalkan saya adalah putra asli pantai Santolo. Saya lahir dan dibesarkan di Desa Mancagahar Pameungpeuk Garut. Memang banyak sekali potensi yang terdapat di wilayah selatan Garut khususnya Pantai Santolo, Sayang Heulang, Leuweung Sancang dan sebagainya. Dan Alhamdulillah sekarang sudah tampak perhatian yang cukup serius dari pemerintah daerah setempat.
Banyak perubahan yang dialami oleh Pantai Santolo sekarang, dan kalau sudi kiranya anda bisa menyambangi kampung kami kembali....

September 30, 2010 at 12:56 AM

Salam Pu, Wah good journey nh. Jdi kpingin sprti di atas. Prnah cb pantai-pantai di Indonesia tengah blm, Lombok contohnya sgt brksan lagi, keep linked...

September 30, 2010 at 3:15 PM
Anonymous  

kereennn

October 19, 2010 at 10:56 AM

wow.............asik banget pantainya. penget banget kesitu, kebetulan saya juga penyuka wisata pantai...indah..blognya keren lo. pa lagi ada foto2 yg artistiknya bagus...sip..

October 20, 2010 at 8:52 AM

haiii.. makasih yaa semua comment-nya...
blog putu pindah ke www.blog.beswandjarum.com/agniasri
main2 yaaa :)

October 21, 2010 at 11:41 PM

makasih infonya, salam

March 10, 2013 at 3:40 AM

Post a Comment