Being leader being a lighter, then brightening others..  

Posted by puu'

Leaders aren't born they are made. And they are made just like anything else, through hard work. And that's the price we'll have to pay to achieve that goal, or any goal. – Vince Lombardi

Pemimpin itu tidak dilahirkan, namun diciptakan. Sesuai komitmen PT. Djarum dengan program Djarum Bakti Pendidikan untuk meingkatkan softskill Beswan Djarum, setelah Bukittinggi dan Puncak, maka tibalah waktunya kegiatan “Dare To Be A Leader” batch 3 dilaksanakan. Kegiatan yang akrab dikenal dengan sebutan DTL ini diadakan pada tanggal 30 April – 1 Mei di Hotel Tirta Sanita Kuningan, Jawa Barat. Pelatihan kepemimpinan ini dihadiri oleh 51 Beswan Djarum RSO Bandung dan RSO Semarang, yang terdiri dari berbagai universitas yang berada di Bandung, Tegal, Cirebon, dan Pekalongan . Seperti DTL di tahun – tahun sebelumnya, pelatihan ini dipandu oleh motivation consultan dengan Bapak Mathen Sumual sebagai trainernya. Pelatihan ini diadakan dengan tujuan untuk mengembangkan karakteristik dan mengasah kemampuan kepemimpinan para Beswan Djarum.

Kegiatan yang dijadwalkan padat selama dua hari ini sangat mengundang euphoria bagi Beswan Djarum. Konsep kegiatan ini diatur sedemikian rupa sehingga rasa lelah akibat aktivitas dari pagi sampai malam tidak terasa. Adanya tugas – tugas yang harus dikerjakan secara pribadi atau teamwork mampu menggali kemampuan kepemimpinan dan kerja sama untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan waktunya. Dengan adanya simulasi dan games icebreaking, peserta merasa termotivasi untuk mampu berkomunikasi, memimpin, mendelegasikan tugas, dan bekerja sama dengan teman – teman satu timnya. Menurut Pritha, Beswan Djarum regional Bandung, “saya sangat senang mengikuti pelatihan ini, saya menjadi termotivasi untuk menjadi karakter yang lebih baik. Tentu saja saya jadi ingin memimpin team, walau hanya dari hal – hal yang kecil.” Demikian pula yang dirasakan oleh para peserta Dare To Be A Leader batch 3 ini.

Pada dasarnya, kita tidak hanya belajar untuk menjadi pemimpin. Dalam pelatihan kali ini, kita juga belajar dipimpin. Kita belajar untuk menjadi seseorang yang tidak egois dan mampu mendengarkan orang lain. Memberikan kesempatan kepada teman – teman lainnya untuk menjadi leader dalam setiap sesi yang berbeda. Seperti yang dikatakan oleh Riski, Beswan daru Universitas Padjadjaran Bandung, “Pemimpin itu harus berkomitmen untuk beregenerasi. Dalam arti pemimpin harus bertanggung jawab dalam proses belajar dan kemajuan orang lain, sehingga dapat muncul pemimpin – pemimpin lainnya di kemudian hari”.

Pak Marthen dan Top Concept sudah bertahun – tahun bekerja sama dengan PT. Djarum dalam mengadakan pelatihan kepemimpinan ini. Ketika memandu kegiatan ini, beliau mengatakan, untuk menjadi seorang pemimpin sejati harus siap menghadapi tantangan dengan memiliki sebuah mental yang positif terhadap orang lain, terhadap perubahan dan terhadap masa depan. Selain itu hal yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan ialah sikap positif dan tekad untuk selalu belajar.

Seperti batch sebelumnya, materi – materi kepemimpinan dan simulasi serta games ice breaking dikemas dalam sebuah sajian yang sangat ringan dan menarik. Kita diajarkan untuk menjadi pemimpin yang memiliki karakter yang kokoh dimana setiap perbuatannya akan memberikan pengaruh positif terhadap orang lain dan lingkungan sekitarnya. Seperti yang ditulis oleh Pak Marthen dalam buku saya, “Dear Putu, jadilah bintang yang selalu bersinar dan berguna untuk orang lain. Semangat dan tetap semangat!! Sukses!”

Salam Beswan Djarum,

Putu Agnia Sri Juliandri

Universitas Padjadjaran, Regional Bandung

This entry was posted on Friday, May 7, 2010 at 9:27 PM . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

2 comments

kapannn ya saya bisa kesana?
sedih rasanya :'(

June 10, 2014 at 11:15 AM

ingin sekali saya berkunjung kesana ;)
visit to http://mobildatsunbandung.com/

April 18, 2015 at 11:13 AM

Post a Comment