israel vs palestine  

Posted by puu'

penyerangan Israel terhadap Palestina di jalur Gaza tampaknya mengundang berbagai macam aksi propaganda dari berbagai kalangan masyarakat di berbagai wilayah.

dari aksi unjuk rasa,
rame2 berbondong2 turun ke jalan,
gw abis blogwalking, mayoritas rekan2 blogger ngepost "save palestine" ato "free palestine" "fuck israel" bla bla bla yadaa yadaa..
sampe akhirnya gw buka facebook dan ada berbagai macam invite cause yang isinya palestine agaist israel.


ketika gw menulis status facebook, ""Putu told u "please don't send a palestine's cause. gamau ikut2an.." ""


ternyata comment2 yang dateng cukup alot,



bukannya gw gamau perduli sm penderitaan orang2 Palestina yang jadi korban, bukannya gw gak prihatin,bukannya gw gak mau membela yang benar dan menjauhi yang salah.. gw mo golput ajah,hehe. bener deh, i'm not a kind of -person with no heart- girl kok..tapi kalo kita bersikap reaktif, apa coba perubahan berarti yang bisa kta dapetin buat ngubah keadaan?



mulai mencarri kambing hitam, mengecam, menunjuk2, mengutuk, menyalahkan.
astagaaa... coba deh klo kita menyikapi tragedi ini dengan cara yang lain.
penggalangan dana, mengirim volunteer untuk membantu, mengumpulkan obat - obat2an, or something and something yang bener2 ngebantu mereka, bukan cuma ungkapan2 kasar atau unmpatan2 menyayat hati. do less talk more.

klo maen bela2an. hei gue bela palestina. noo,israel lebih baek. engga,palestina kasian. enak aja, israel hebat. sialan,israel lo udah ngebom palestina gue. ih bodo amat, palestina lo bgini bgitu. eh jangan kurang ajar lo ya, israel lo lebih begini bgitu. guys,ini semua gara2 amerika. oh jadi amerika biang keroknya. dan sebagainya dan sebagainya..

wah, yang berantem bukan cuma rakyat palestina dan israel doang,
ato pembela muslim dan nasrani yg ky diungkapan metrotv barusan 18:23 WIB,
tapi kalian yang pro kontra mereka juga bisa berantem masalah ini dong?
trus kpn kita bisa nyiptain world peace ky yang selama ini kita idam2kan?
ky Tujuan dasar Indonesia yang ada di pembukaan undang - undang dasar 1945

"melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan
untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan
ikut
melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi,
dan keadilan sosial
. ."


yaampun...
cobalah kita sama2 bersikap proaktif..
damai itu enak loh kawan2..
ibarat mo ngambil buah mangga yang tempatnya tinggi.
klo langsung loncat2, ya ga bakalan sampe..
coba niti tangga dari 1 anak tangga ke anak tangga yang lainnya secara bertahap..
makan deh tu mangga!
jadi ubah diri sendiri dulu baru coba ubah yang laen..

nih, ada lg cerita yang gw dapet dari baca buku,
yang nulis seoang uskup anglikan :


ketika aku masih kecil dan bebas,
dan imajinasiku tidak ada batasnya, aku
mengimpikan untuk merubah dunia;

ketika akusemakin besar dan semakn bijaksana,
aku sadar bahwa
dunia tak mungkin diubah.

dan aku putuskan untuk mengurangi impianku sedikit dan hanya mengubah negaraku.
tapi itu pun tampaknya tidak mungkin.

ketika aku memasuki usia senja,
dalam suatu upaya terakhir, aku berusaha mengubah keluargaku sendiri,
mereka yang paling dekat denganku, tetapi sayang,
mereka tidak menggubrisku.

dan sekarang menjelang ajal, aku sadar ( mungkin untuk pertama kalinya ) bahwa kalau saja aku mengubah diriku dulu, lalu dengan teladan mungkin aku bisa mempengaruhi keluargaku, dan dengan dorongan serta dukungan mereka mungkin aku bisa membuat negaraku menjadi lebih baik, dan siapa tahu,
mungkin aku bisa mengubah dunia.


jadi teman - teman,
kita jangan saling membenci dan mendengki,
jangan menyalahkan orang lain..
hanya buang - buang waktu memusingkan hal - hal yang tidak bisa kita kendalikan..
yang penting tanamkan damai di dalam hati kalian..
damai itu akan menular ke sekitar dan sekitar dan sekitar...
peace...

This entry was posted on Sunday, January 4, 2009 at 5:17 PM . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

33 comments

setuju!!! tapi sayangnya gak semua orang yang berpikiran sama kaya lu..

kebanyakan dari mereka ya cuman talk more do less itu tadi..karena fanatisme yang berlebihan dan sebagainya dan sebagainya..

gue juga sependapat sama lu mengenai 'world peace thing' itu tadi..

tapi yaa kalo selama keadaannya kaya gini terus,, ya bisa jadi pendapatnya si Gibrand mengenai 'tidak adanya world peace' juga bakal terjadi..

yah.. kalo di minta contoh kecil sih.. gue rasa gue juga udah menciptakan 'kedamaian' di sekeliling gue sendiri.. dengan membina kerukunan sesama teman, keluarga, dan sebagainya..

Semuanya balik ke diri masing2 sih ya.. cuman bisa berdoa gue juga.. gak bisa ngapa2in lagi selain tetap melakukan 'hal kecil' itu tadi buat gue dan sekeliling gue..

January 4, 2009 at 8:13 PM

bener bgd dhar,
dream big and take a baby step.
lama2 kan jadi bukit.
hahahaha
ayo kita berdamaii...

January 4, 2009 at 8:17 PM
Anonymous  

ma kasih kak dah maen ke blogku...... kak aku cinta damai, jadi kenapa mesti ada perang yaaa??????

January 4, 2009 at 9:07 PM

waaah pinteer audry cinta damai..
perang itu ada karena ada orang yang saling iri2an,trus akhirnya saling membenci deh..
kita gak boleh iri sm tmn kan audry?
baik2 yaa sm tmn2nya,,,, x)

January 4, 2009 at 9:14 PM

wew. bener bgt. g emang termasuk golput yang ga mu ikut2an mojokin pihak sana mojokin pihak sini.
orang kita ga ada yang tw gmn keadaan sebenernya ko. apa alasannya. ga nutup kemungkinan juga kalo yang kita dpt dr media tu bukan yang sebenernya. kalo peduli mendingan bantu. bener banget. ga usa banyak omong, berasa paling tau.
setuju saia, k ! hehe

January 4, 2009 at 11:58 PM

Wah bagus juga tulisan lo yg ini my big butt sista HAHA

January 5, 2009 at 6:24 PM

haaha sialan lo big stomach and big *biipp* sista.. :p

January 5, 2009 at 6:26 PM
Anonymous  

aduuhh putu udah maw jadi dewan keamanan PBB ni,,
haha,,

tiap orang kan beda" pendapatnya, jadi pasti beda beda ngmgnya,,

nah temen gw disini ga milih dua duanya,,
tpi di hati kecil lo..
lo pasti milih palestina,,
hehehe,,

bebasin aj..

_MiR_

January 5, 2009 at 6:30 PM

yaiyalaaah,,gw kan baikhati mir,,

yang baik disayang saya, saya pun disayang Tuhan nantinya..
hehehehhee

btw, klo mnurut lo gmn mir?

January 5, 2009 at 6:34 PM
Anonymous  

yaaaaa..
gwa kan di pihak muslim ni..
jadi gwa pasti mihak palestina lahh..
tapi sbagai manusia yg ga taw jg pasti milih palestina..

soalnya tahun 1946 tanah israel kecil bgt,,
gtwnya kan skrang udah maw 80% tanah palestina jd punya dia,,

trus setau gw..
di al-quran juga udah ad bukti bahwa islam ama Bani Israil [israel] bakal perang,,

kalaupun backingny israel it amrik, palestin harusnya ga usah takut kalauuuu orang arab kompak maw nolongin.. orang arab lebih kaya dari amrik..
tapi buktinya, mesir aj yang di sbelah palestina gmw ikut"an..

hehe,,

okeh g?

January 5, 2009 at 6:43 PM

klo kata pak suganda td pagi,
ini tuh perang kepentingan..
amrik arab dkk itu gudangnya produsen senjata. klo ga ada perang, ga ada jalan buat uji coba plus target market senjatanya dong..

klo gw alah lebih setuju sm mesir mir. klo semakin byk campur tangan,,malah jadi semakin keruh..

January 5, 2009 at 6:54 PM
Anonymous  

tai ah,,
gw ud curhat byak gtu..
lo jawabnya irit bgt,,
haha..

coba perangnya indonesia ama apaaa gtu..
klo menang pasti belagu,,
klo kalah pasti banyak alasan..
misalnya, kita kan pake bambu runcing pasti kalah..
haha..

gwa ga pake foto ni ah..
ga eksis d gw..
huhu..

January 5, 2009 at 7:00 PM

hahaha, bedon ah.

January 5, 2009 at 7:04 PM
Anonymous  

aku membebaskan diri dari menjudge nii pu.. klo deep down inside, aku juga gamau tau. bukannya ga perduli siii, cuman buat ngebenahi diri sendiri aja akubelom sanggup kan..
aku masih punya masalah sama ekspektasi..kita semua gtu kok...sama aja, kan. "WORLD PEACE" juga kan cuma cita2 yang bisa digantung tinggi-tinggi. siapa yang mau ngambil di langit? gaadayang tau. anggap aja itu suatu tujuan yang membuat kita hidup terus buat meraihnya.. ya ga???
hehehe
MOMON
perihal israel ini.. palingan cuman mau ngetes aja si Obama berpihak sama siapa.. gtu.. hehe

January 5, 2009 at 7:12 PM

hahaha,bisa aja kamu mong,,
hmm,tp mungkin aja x yaa si israel iseng2 ngetes si obama..hihi

January 5, 2009 at 7:16 PM
Anonymous  

Udah hampir lebih sepuluh hari (saat tulisan ini gw buat) israel menggempur terus2an jalur gaza secara membabi buta. Dengan maksud awal untuk membalas serangan roket milisi HAMAS, tetapi israel malah terus2an membombardir jalur gaza. Ratusan anak kecil jd korban, sekolah, universitas, masjid, bahkan rumah sakit tak luput dari serangan jet F-16 israel...

Bang haji rhoma bilang, TERLALLUUUUUHHHH!!!

memang terlalu kan???

bayangin aja, seorang pimpinan HAMAS dibom rumahnya dan turut menewaskan 4 istri dan 10 anaknya...
bbbbuuuusssseeettt!!!
kaya kandang tikus dibom...

Apa reaksi di Indonesia???

ya seperi biasa, demo sana-sini..
dipelopori salah satu partai peserta pemilu bernomor urut 8.
mereka mengarak poster dan bendera israel setiap demo nya di berbagai kota di nusantara...
(TAPI LbIH BANYAK BENDERA PARTAINYA, SEPERTINYA IKUT MEMANFAATKAN MOMEN INI UNTUK KAMPANYE JG)

kemarin gw liat di tipi, sebuah forum umat islam di bogor menyelenggarakan solat gaib untuk mendoakan arwah warga Palestina yg tewas karena bom israel
trus ada juga yg nayangin tentang pembukaan posko jihad di jabotabek...
nahhhh ini yg menggelikan buat gw!!!

mereka membuka posko jihad, udah banyak yg daftar... tapi tidak punya dana buat mengirimkan laskar jihad ini ke jalur gaza... (jgn kan mau ngirim lsakar jihad, ngirim obatr dan makanan kesana aja ga bisa!)
hhhhmmmm...
dasar org Indon...
tapi gw salut ama yg daftar buat jihad, rasa sosial sesama umat Isalam nya sangat tinggi...
(jd inget posko relawan perang vs malaysia gara2 ambalat tapi ga jd perangnya)

mayoritas dari yg daftar mengaku siap mati syahid di Palestina, dan rela meninggalkan anak istrinya demi berperang...
hhhmmmm... bukannya berjuang untuk keluarga juga syahid???
gw ngrasa, dengan adanya perang ini mungkin saja dimanfaatkan oleh mereka2 yng malas bekerja tetapi ingin masuk surga dengan car berjihad,,,
(stress kali ya hidup di indonesa???)
padahal lebih baik hidup aja disini, urus keluarga maing2,
ngurus keluarga juga sebuah kewajiban dan amanat dari Allah kan???
hhmmm...
ada ada aja...

lebih baik, daripada ikutan jihad yg ga tentu gimana pemberangkatannya kaya gitu, lebih baik doakan saja rakyat Palestina dari sini saja,,,
toh sama2 ladang pahala,,,,

January 5, 2009 at 7:32 PM

hahahahahaha... kandang tikus..ada2 aj lo ja..*btw, apa rasanya y punya 4 istri punya anak ky anak kucing gt,ajegilee..

setujuuuu...
tuh kaan,moment2 ky gini malah dimanfaatkan sm oknum2 dan kelompok kepentingan tertentu.

ayo dong kaum muda, let ur mind opened..

opini dr reza baonk bagus jg tuh..

January 5, 2009 at 7:51 PM
Anonymous  

rasanya punya istri 4 ya asik lah puuu...
hehhehehe
wkwkwkwk

omes gw kluar...

bagus??
makasih...makasih...
iya donk...
gw gitulohniyeh...

January 5, 2009 at 7:59 PM

yeee,dy malah narsis..
hahahhaa

January 5, 2009 at 8:12 PM
Anonymous  

gapapa kali narsis...
dari pada minder...
wkwkwkww

January 6, 2009 at 2:33 PM
Anonymous  

Misi Numpang Lewat...hehehe...

January 6, 2009 at 5:20 PM
Anonymous  

gue stuju sm ktny putu.
kita perlu tindakan.bkn cm omong doang.

tp sbnrny ad bnrny jg buat memilah dan mengklarifikasi mana yg slh mana yg bnr.tanpa tau mana yg bnr mana yg slh kita ga akan bisa introspeksi sgala hal.tp kita hrs klarifikasi dng cara yg bnr. g slg tuduh. pake pikiran yg tenang. dan should be based on fact.

emang ad bnrny dng istilah, yg dlm bahasa kasarny "ngurusin diri sendiri aj blm becus ngapain mikirn org lain"
tp lbh baik lg, antara ngebenahin diri dan peduli terhadap org lain kita jalaninny dng seimbang. kita tetep perbaikin diri sendiri, benahin diri jd lebih baik, tapi sambil membantu org lain semampu kita.

lgpl cb kalian pikir salah satu cara membenahi dan memperbaiki diri menjadi lebih baik kan bisa juga dng dng menumbuhkan sifat berbagi dan saling menolong antar sesama?? kita jg makhluk sosial yg butuh satu sm lain.

satu lg, dukungan spiritual jg penting loh. krn itu akan lebih menenangkan org yg kesusahan di luar sana. krn ia akan berpikir "org2 dluar sn yg g kena mslh scr lgsg aja mau repot2 peduli dan mati2an dukung gue. masa gue nyerah gt aja?"

jd intinya semua hal itu harus dilaksanakan secara wajar dan benar. dng pikiran yg tenang dan tidak anarkis!
blh kita membela tp bela yg bnar dan dengan cara yg bnar serta tidak dng cara yg membuang2 tenaga doang bahkan sampai menimbulkan pertengkaran lg.

ok??
keep it safe and peace!

January 6, 2009 at 9:18 PM

si vis pacem, parra bellum..
if u want peace, u must ready 2 war..

bapak2,,ibu2..
gw kasitau..ga ada yg namanya prdamaian dunia..

kalo emang smua negara mau damai,,trus buat apa USA bikin 13 kapal selam nuklir, jet tempur F-22 Raptor, stealth blackbird dll??
jd mereka ngemeng aja kan mau hidup brdampingan brsama seluruh negara2 di dunia??cuhh..

organisasi prdamaian plg gede aja ga bkutik sama dewan keamanannya,,trus apa masih layak buat ngarep palestin bakal dibelain??

makanya,,daripada ribut2 soal btapa bajingannya israel,,mding benerin dulu indonesia..
kan kalo indonesia udah bener,, udah maju,, presidennya udah ganteng..
mau ngrim bantuan kek,,ngamuk2 di sidang umum PBB kek,,kan jadi lebih enak..

skarang ya bantu aja sbisa kita,,lewat dana kmanusiaan kek, ato kalo mau trjun langsung k tengah2 bom meledak dsana juga boleh..

daripada jadi pnonton aja,,mding kasi deh kontibusi nyata buat pihak yang qta bela..
skecil apapun insya Allah dianggap jihad kok..

(dbuat tanpa paksaan dari putu)ehhe

January 6, 2009 at 10:03 PM

hahahaha,sialan lo bal.
wah gw mau bgd tuh bal klo presiden kita ganteng! makin cinta negara dah gw..
hahahhaa

January 6, 2009 at 10:19 PM

aduhhh,,jadi terpanggil bwt jadi presiden nih..
ahahahha,,kena lo gw jebak!!

January 6, 2009 at 10:32 PM

aiiih,sayangnya lo gak ganteng bal.
yaaah,setidaknya tmn gw ad yang jd presiden deh. *cita2 waktu TK ye bal? hoho

January 6, 2009 at 10:35 PM

bukan,,jadi presiden dsuru mamah..abis premium langka!!

gw lg baca komik ni d intrnet..
skrg uda ga jaman mjem2 komik pu,,2009..ye ga?

January 6, 2009 at 10:41 PM

aaaa tetep enakan minjem komik bal drpd baca di internet..
aaaah ga ad lo, ga ad supply ueki..

January 6, 2009 at 10:42 PM

apeee??
ueki??
udah ke laut itu mah..
blom tau tamatnya gmana lagi??
ahhh..
d bandung ngegedein badan doang si..
ehehhe
nih2,,ambil dvdnye drumah gw..

oia,,ato lo bikin blog soal komik aj pu..lo tanya2 dah ama org2,,wkwkwkw

January 6, 2009 at 10:47 PM

aaaah,,ga doyan gw nonton dvdnyeee,,,
pan aye bilang tadi bang,aye mah doyannye baca komiknye..

January 7, 2009 at 12:41 AM
Anonymous  

hihihi.. qta satu pikiran sodara..
palestina ga butuh belas kasihan.
palestina butuh bantuan nyata. klo ga bisa ngapa2in mending diem aja,, bukan malah bikin 'perang' baru..

January 8, 2009 at 2:10 PM

betul bgd tan.. x)

January 8, 2009 at 11:57 PM
Anonymous  

actually i just really agree with you puu,, bcoz there are still sooo many things that need to be improved, they do not have to be the big issue such as war...

January 18, 2009 at 5:00 PM

Post a Comment